Nama | : |
![]() |
|
Kelas | : |
Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis pada Tumbuhan Nepenthes di Habitat Alami
Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta didik diharapkan mampu:
Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati gambar atau model AR Nepenthes dari berbagai spesies. Aktivitas ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan keterampilan mengamati secara kritis. Siswa menggunakan perangkat untuk memindai marker dan melihat objek AR melalui WebAR.
Silakan pindai QR Code berikut untuk membuka tampilan Augmented Reality, kemudian arahkan ke marker yang tersedia:
Guru membimbing peserta didik dalam membandingkan berbagai spesies berdasarkan bentuk kantong, warna, serta habitat yang ditampilkan melalui model AR.
Setelah melakukan pengamatan awal, guru membimbing peserta didik secara berkelompok untuk merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan keanekaragaman jenis dan morfologi Nepenthes. Contoh rumusan masalah:
Guru mengarahkan siswa untuk merumuskan hipotesis sementara berdasarkan pertanyaan yang telah dibuat. Contoh hipotesis:
Peserta didik menyusun langkah-langkah observasi dan pengumpulan data dengan bimbingan guru. Alat bantu yang dapat digunakan antara lain: HP/Tablet, kamera, lembar tabel observasi.
Guru memfasilitasi diskusi kelompok dalam mengelompokkan hasil data pengamatan ke dalam lembar tabel observasi berikut:
Spesies | Habitat | Bentuk Kantong | Ukuran | Warna | Dugaan Fungsi Adaptif |
---|---|---|---|---|---|
(Diisi oleh peserta didik) |
Peserta didik merumuskan kesimpulan berdasarkan pengamatan dan diskusi kelompok, dengan bimbingan guru. Fokus kesimpulan meliputi:
Guru memberikan arahan untuk merefleksikan proses pembelajaran, misalnya: