e-LKPD WebAR Nepenthes
e-LKPD dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantu Web Augmented Reality Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Variasi Nepenthes
untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Ketrampilan Psikomotorik Peserta Didik








Modul Ajar dan LKPD








Modul Ajar dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) adalah dua komponen penting dalam proses pembelajaran yang saling terkait dan mendukung satu sama lain dalam mencapai tujuan pendidikan. Berikut adalah penjelasan mengenai hubungan antara LKPD dan Modul Ajar:
- Fungsi dan Tujuan
- Modul Ajar Modul ajar adalah bahan ajar yang dirancang secara sistematis dan terstruktur untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Modul ajar mencakup tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, metode pembelajaran, dan evaluasi.
- LKPD Lembar Kerja Peserta Didik adalah alat yang digunakan oleh siswa untuk berinteraksi dengan materi yang diajarkan. LKPD berisi serangkaian tugas, soal, atau aktivitas yang harus diselesaikan oleh siswa untuk memahami dan menguasai materi pelajaran.
- Hubungan dalam Proses Pembelajaran
- Integrasi dalam Modul Ajar LKPD sering kali menjadi bagian dari modul ajar. Dalam modul ajar, setelah penyampaian materi, biasanya terdapat bagian yang memberikan instruksi kepada siswa untuk mengerjakan LKPD. Hal ini membantu siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang baru saja mereka peroleh.
- Implementasi Tujuan Pembelajaran Modul ajar menentukan tujuan pembelajaran yang spesifik dan LKPD membantu mencapai tujuan tersebut dengan memberikan latihan dan aktivitas yang relevan. LKPD dirancang untuk memastikan siswa memahami dan dapat menerapkan konsep-konsep yang diajarkan dalam modul.
- Metode Pengajaran dan Pembelajaran
- Modul Ajar Mengarahkan proses pembelajaran dengan menyediakan rencana pelajaran yang detail, termasuk metode pengajaran yang akan digunakan oleh guru, seperti ceramah, diskusi, eksperimen, atau studi kasus.
- LKPD Berperan dalam metode pengajaran dengan menyediakan latihan yang dapat mendukung metode tersebut. Misalnya, jika metode pengajaran dalam modul ajar adalah eksperimen, maka LKPD akan berisi panduan dan lembar observasi untuk eksperimen tersebut.
- Evaluasi dan Umpan Balik
- Modul Ajar Menyediakan kerangka kerja untuk evaluasi hasil belajar siswa, termasuk alat dan metode evaluasi yang akan digunakan.
- LKPD Sebagai salah satu alat evaluasi, hasil pekerjaan siswa di LKPD memberikan umpan balik kepada guru mengenai pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Guru dapat menggunakan informasi ini untuk menilai kemajuan siswa dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.
- Pengembangan Keterampilan
- Modul Ajar Dirancang untuk mengembangkan berbagai keterampilan siswa, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
- LKPD Membantu dalam pengembangan keterampilan ini dengan menyediakan latihan dan aktivitas yang dirancang khusus untuk mengasah keterampilan tersebut. Misalnya, LKPD dapat mengandung soal-soal pemecahan masalah untuk mengembangkan keterampilan kognitif atau tugas proyek untuk keterampilan psikomotorik.
Secara keseluruhan, hubungan antara e-LKPD dan Modul Ajar adalah hubungan yang saling melengkapi di mana e-LKPD berfungsi sebagai alat untuk merealisasikan rencana pembelajaran yang ada dalam Modul Ajar, memastikan bahwa tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif melalui interaksi aktif peserta didik dengan materi pelajaran. Modul ajar dan e-LKPD berbantu Web Augmented Reality (WebAR) yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki spesifikasi berikut:
- Struktur yang Jelas e-LKPD memiliki struktur yang terorganisir dengan baik, yang mencakup: judul, petunjuk penggunaan, materi pelajaran terkait Nepenthes dan keanekaragaman hayati, daftar tugas atau aktivitas berbasis inkuiri terbimbing, dan ruang kosong atau tempat untuk peserta didik menjawab atau menyelesaikan tugas.
- Mengacu pada Tujuan Pembelajaran e-LKPD dirancang sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan pembelajaran ini mencakup peningkatan keterampilan berpikir kritis dan psikomotorik peserta didik melalui eksplorasi variasi Nepenthes.
- Varian Aktivitas Berbasis Inkuiri Terbimbing Aktivitas dalam e-LKPD disusun berdasarkan sintak inkuiri terbimbing, meliputi:
- Orientasi Masalah: memberikan konteks dan masalah awal.
- Merumuskan Pertanyaan atau Hipotesis: mengarahkan peserta didik untuk menyusun pertanyaan penelitian atau hipotesis terkait keanekaragaman hayati.
- Pengumpulan Data: peserta didik melakukan observasi melalui media WebAR yang interaktif.
- Analisis Data: mengarahkan peserta didik untuk menganalisis data dari hasil pengamatan.
- Kesimpulan: peserta didik menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis dan memberikan refleksi terhadap pembelajaran.
- Panduan Instruksional yang Jelas Setiap tugas atau aktivitas dilengkapi dengan panduan instruksional yang terperinci. Panduan ini mencakup langkah-langkah pelaksanaan tugas, tips penggunaan aplikasi WebAR, dan kriteria penilaian.
- Evaluasi Diri LKPD menyediakan bagian untuk evaluasi diri. Ini mencakup kunci jawaban atau solusi untuk beberapa tugas yang diberikan, sehingga peserta didik dapat memeriksa kebenaran jawaban mereka secara mandiri.
- Fleksibilitas Penggunaan LKPD dapat digunakan dalam berbagai situasi pembelajaran, baik di kelas dengan bimbingan guru maupun sebagai bahan belajar mandiri di rumah. WebAR memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi dengan objek Nepenthes secara virtual, mendukung pembelajaran kontekstual dan menarik. Dengan integrasi sintak inkuiri terbimbing, modul ajar dan e-LKPD ini tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran, tetapi juga sebagai media yang mengasah kemampuan berpikir kritis dan psikomotorik peserta didik secara optimal.