e-LKPD WebAR Nepenthes

e-LKPD dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantu Web Augmented Reality Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Variasi Nepenthes
untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Ketrampilan Psikomotorik Peserta Didik

MODUL AJAR
Tingkat Keanekaragaman Hayati

Mengapa individu dalam satu spesies, seperti Nepenthes, bisa memiliki variasi warna atau bentuk yang berbeda?
Biologi Kelas X Fase E
Penyusun : Djoko Martono, S.Pd.
Model Pembelajaran : Inkuiri Terbimbing
Metode : Presentasi dan Diskusi
Media : Augmented Reality
Alokasi Waktu : 2 JP (2 X 45 Menit)

Kompetensi Prasyarat

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Sarana Prasarana

Target Peserta Didik

Moda Pembelajaran

Pertanyaan Pemantik

Materi
Tingkat Keanekaragaman Hayati

e-LKPD
Guided Inquiry - WebAR Integrated

Tingkat Keanekaragaman Hayati


Nama: Profile Picture
Kelas:

  1. Topik
  2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis pada Tumbuhan Nepenthes di Habitat Alami


  3. Tujuan Belajar
  4. Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta didik diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi keanekaragaman jenis Nepenthes berdasarkan ciri morfologinya.
    2. Membandingkan karakteristik morfologi spesies Nepenthes pada lokasi dan habitat berbeda.
    3. Menganalisis hubungan antara variasi morfologi Nepenthes dengan kondisi lingkungan.
    4. Melatih keterampilan psikomotorik melalui pengamatan langsung dan aktivitas menggambar struktur morfologi Nepenthes.

  5. Langkah-Langkah Kegiatan Belajar
  6. Tahap 1. Observasi dan Identifikasi Masalah

    Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati gambar atau model AR Nepenthes dari berbagai spesies. Aktivitas ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan keterampilan mengamati secara kritis. Siswa menggunakan perangkat untuk memindai marker dan melihat objek AR melalui WebAR.

    Silakan pindai QR Code berikut untuk membuka tampilan Augmented Reality, kemudian arahkan ke marker yang tersedia:

    Guru membimbing peserta didik dalam membandingkan berbagai spesies berdasarkan bentuk kantong, warna, serta habitat yang ditampilkan melalui model AR.


    Tahap 2. Merumuskan Masalah

    Setelah melakukan pengamatan awal, guru membimbing peserta didik secara berkelompok untuk merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan keanekaragaman jenis dan morfologi Nepenthes. Contoh rumusan masalah:

    • Mengapa bentuk kantong berbeda antar spesies?
    • Apakah lingkungan memengaruhi ukuran dan bentuk kantong?

    Tahap 3. Mengajukan Hipotesis

    Guru mengarahkan siswa untuk merumuskan hipotesis sementara berdasarkan pertanyaan yang telah dibuat. Contoh hipotesis:

    • Bentuk kantong Nepenthes dipengaruhi oleh kondisi lingkungan seperti intensitas cahaya dan kelembapan.
    • Perbedaan bentuk hanya dipengaruhi oleh variasi genetik.

    Tahap 4. Merencanakan Pemecahan Masalah

    Peserta didik menyusun langkah-langkah observasi dan pengumpulan data dengan bimbingan guru. Alat bantu yang dapat digunakan antara lain: HP/Tablet, kamera, lembar tabel observasi.

    1. Pilih minimal tiga spesies Nepenthes dari WebAR untuk diamati.
    2. Catat ciri morfologi, habitat, serta dokumentasikan melalui tangkapan layar.
    3. Diskusikan hasil dengan kelompok melalui platform kolaboratif seperti Google Classroom atau grup WA.

    Tahap 5. Melaksanakan Eksperimen/Pengamatan dan Pengumpulan Data

    • Guru membimbing siswa dalam mencatat perbedaan visual antar spesies menggunakan AR.
    • Siswa menggambar struktur morfologi Nepenthes yang diamati dan memberi label bagian-bagiannya.

    Tahap 6. Analisis Data

    Guru memfasilitasi diskusi kelompok dalam mengelompokkan hasil data pengamatan ke dalam lembar tabel observasi berikut:

    Spesies Habitat Bentuk Kantong Ukuran Warna Dugaan Fungsi Adaptif
    (Diisi oleh peserta didik)

    Tahap 7. Penarikan Kesimpulan dan Penemuan

    Peserta didik merumuskan kesimpulan berdasarkan pengamatan dan diskusi kelompok, dengan bimbingan guru. Fokus kesimpulan meliputi:

    • Perbedaan morfologi antar spesies Nepenthes.
    • Pengaruh lingkungan terhadap variasi bentuk kantong.
    • Peran adaptasi morfologi dalam mendukung keanekaragaman hayati.

  7. Refleksi dan Penguatan
  8. Guru memberikan arahan untuk merefleksikan proses pembelajaran, misalnya:

    • Apa hal menarik dari pengalaman belajar menggunakan WebAR?
    • Bagaimana kegiatan menggambar morfologi membantu memahami struktur Nepenthes?